Skip Ribbon Commands
Skip to main content

Name

Agus Mulyadi

Email

r3p71l@gmail.com

Subject

Gambar desain arsitek

Feedback

Sekarang gua mau tanya-tanya nih sama ahli konstruksi kita jadi buat lu semua yang pengen bangun rumah sendiri gimana caranya biar lebih efisien Biaya pondasi hemat 216.000 per meter begitu sih yang pertama nih ketika Lagi urus pekerjaan pondasi itu lu bisa pilih paket sistem pondasi cakar ayam sama sloof gantung di itu lebih efisien daripada lu harus pakai Slug terus habis itu lu pakai batu kali jadi itu mengurangi batu kali kan lumayan buat bayar efisiensi nanti Bang lu beli hebel mungkin bisa buat beli Atep atau sebagai macemnya gitu masih bagus jadi ganteng sama cakar ayam itu bisa pakai tapi kalau kondisi tanah rumah lu itu keras ya kalau misalnya lu pake di tanah gembur itu nggak cocok karena itu bukan tipe pondasinya jadi setiap Ana tuh punya tipe pondasi masing-masing gitu kalau tanah keras lu bisa efisiensi dengan Oke lu gantung dan Cakra ya gak keras bisa pakai bored pile satu itu habis itu jauh dari efisiensi kalau misal pakai botol itu mahal banget Terus yang kedua lu bisa pakai cerukcuk atau bambu Pondasi yang ditanam dulu sebelum lu taroh pondasi foot plat nya terus caranya gitu Biaya dinding hemat 32.000 per meter Terus kalau udah pondasi di dinding-dinding Lubis efisiensi dengan cara pakai hebel lu pakai 10 senti kalau misal seandainya lu pengen bikin bangunan 2 lantai ya bisa pakai hebel 10 cm atau comsol pengen bikin cuman satu lantai aja lu pakai baju setengah senti juga udah oke gitu kalau mau satu lantai dulu nanti baru itu berarti dan 10 cm itu jauh lebih efisien dibanding lu pakai bata merah bata merah itu pertama dalam semeter dalam meter persegi itu bata merah itu bisa kita 80-90 biji gitu dengan hebel itu paling cuman 12 atau 15 buah Ah gitu peran 2060 jadi jauh gitu perbedaannya lebih murah kalau kekuatan sama gitu cara pengerjaannya pun lebih praktis pakai hebel gitu makanya gua ngancurin kalau emang mau nelpon efisien dindingnya tuh lupaken hebel bata merah itu biasanya mereka yang mengejar segi kekuatan bangunan yang lebih itu Jadi kalau misal seandainya lu pakai bata merah itu kolom bangunan itu nggak usah terlalu gede banget gitu karena bata merah itu udah mampu menopang dari bangunan itu sendiri gitu sedangkan kalau hebel itu kebalikannya Lu harus bikin kolom yang cukup Yan ukuran 1540 lah itu cukup untuk bangunan rumah tinggal 2 lantai gitu tolong itu nggak kanan kolom itu kan kalau kita bandingin kolom itu tanpa rumah satu rumah itu paling bisa 20/25 titik kalau luas meter 100 meter ya dibanding dengan bata yang bisa sampai satu rumah itu 800 meteran komsel lu Bantuin kan jauh mendingan lu bikin kolom sedikit gede-gedean dibanding Lu harus bikin Bata atau hebel nya itu seluruh bangunan yaitu ya Jadi lu efisiensi di situ Biaya finishing hemat 21.640 per meter persegi terus begitu lu defisiensi di yang tadi pakai hebel Gue saranin terus kemudian lu finishing nih kan lu plesteran Acian Semacam dreamix atau mortar gitu Kenapa jadi begitu lu udah masang hebel itu lu plesteran dengan remix bisa cuman tebal 1 setengah cm doang dibanding konvensional 2 sampai 3 cm Nah kalau misal seandainya lu pakai bata merah tadi terus lu plester pakai apa namanya pakai pasir konvensional gitu satu lu belinya cara mengecilkan beli pasir terus bisman kadang nanti semennya kemana pasirnya sisa atau gimana Terus belum lagi tebalnya gitu nah dengan hebel lu tuh dipastikan bisa gitu cuman 1,5 senti tapi memasang hebel juga harus sesuai dengan ketentuan ya kayak lurus ngelot gitu nah anti itu lu bisa efisiensi di situ kalau tukang bata juga Sama juga harus jago juga sama cuman dibandingin dengan restoran yang konvensional sama yang yang pakai mortar itu nanti berpengaruh juga pada saat pengecatan gitu pengecatan juga dia jauh lebih mudah nanti dibanding dengan yang lain item macan gitu kelebihan lain lu menggunakan yang mortar gitu lu kayak nantinya enggak bakal punya material sisa karena dia kan bentuknya sak sak sak semen gitu ya Jadi lu beli 20 beli 30 terus di berapa itu pasti sisanya nggak ada gitu kan kadang lurus seringan lewat proyek ada saja pasir atau apa gitu bangunan atau semen yang udah keras bagaimana itu kita bisa meminimalisir dengan penggunaan dari mortar itu sendiri gitu nah kemudian bisa efisien di pengecatan pengecatan itu selalu pakai motor itu dia kan nanti hasil Dini akan warnanya abu-abu muda gitu Jadi itu lu ngechat dasar harus repot-repot sampai tebal banget gitu karena Emang dasarnya udah putih itu bisa penghematan di cat yang buat finishing ya nanti ya yang aturan tiga lapis ini cuman bisa dua lapis Biaya struktural hemat 30.000 per meter persegi struktur-struktur yang lainnya ya mungkin bisa di sency di ke pengerjaan plat dak plat dak Itu kan untuk lantai 1 terus lantai 2 kan itu kita harus ada tuh ya Nah kalau seandainya lu itu pakai konvensional yang pakai triplek terus pakai besi dia nyaman itu satu waktunya lama dan kedua juga material sisanya nanti itu bakal banyak banget karena triplek buat ngendak itu nantinya bakal jadi limbah gitu kalau misal seandainya lu pakai yang teknologi yang sekarang pakai Bondek terus pakai wiremesh warna itu lu bisa efisien di tenaga karena pengerjaannya bisa jadi lebih cepat dan durasi waktu pengerjaannya juga gitu Kalau misalnya dengan yang konvensional lu pakai registry teks dalam Acun dengannya Bonek gitu lu bisa nge hemat itu 4 hari kerja * 5 orang dalam sehari itu 610 Jadi lu bisa hemat sekitar 2 juta empat ratus empat puluh lu bayangin Bro dua juta empat ratus empat puluh itu kalau lu buat Band Semen harga rp58.000 itu lu dapet 42 sak 42 sak semen itu kan bisa pakai buat ngecor kok malah lebih bagus pakai Bondek kualitas karena dia kan Bonek itu kan punya daya daya buatan untuk pokoknya lebih bagus ya yang konvensional Mantap sudah sih Biaya atap hemat 45.000 per meter persegi Atap kalau untuk fungsional doang lu bisa pakai metal pasir jadi genteng metal pasir itu pertama lu bisa efisiensi di ukuran baja ringan nya kan baja ringan pada umumnya kan 075 0,7 gitu Itu loh bisa pakai 0,7 cukup dengan jarak yang maksimal 1,2 m itu bisa lu pakai metal pasir gitu Jadi kalau beton kan itu harus 1 meter tuh jarak ba jaringannya harus the m dan 0,75 kalau pakai bahan yang beton tapi kalau metal pasir lu bisa pakai jarak 1,2 meter dengan ketebalan baja ringan 0,7 perbandingannya adalah dalam 1 m dalam 1 m2 tentang beton itu butuh 16 PC jadi yang tadinya genteng beton per m2 120.000 sedangkan lu bisa efisiensi dengan menggunakan genteng metal pasir yang harganya cuman Rp75.000 itu selisih 45 ribu ya lu bayangin kalau misal luas atap lu nih dalam 100 m Taruhlah 70 m gitu selisih rp3.150.000 bukan rp3.150.000 mungkin kau selalu di kloset duduk itu udah cukup Gitu mengganti yang tanya beton jadi ke metal pasir metal pasir itu kelemahannya kalau misalnya dia hujan itu sih kalau misalnya lu ekspos itu pasti bakal berisik banget Kalau pos tapi kan kalau rumah-rumahan pasti dikasih plafon pasir pakaian aluminium foil juga di suara itu kerendam ya untuk bocoran mah saya malah gue lebih menjamin pakai yang metal pasir karena dia sifatnya bukan bukan elemen yang satu-satu gitu ya Tapi lembaran-lembaran itu kan nggak ada sambungan ya jadi lebih sedikit Tuliskan bocornya dibanding beton Belum lagi kalau beton tuh kan kalau dalam abcd sering muncul tak karena panas hujan panas hujan panas hujan tak itu biasa sebab bocor tapi kalau metal itu dia mana-mana aja bisa 5 sampai 10 tahun bahkan lebih Referensi: gambar desain arsitek

Attachments

Created at 8/31/2021 11:26 PM by  
Last modified at 8/31/2021 11:26 PM by